Sabtu, 10 Oktober 2009

Proposal Jumbara 2009 serta Juknis&Juklak

BAB I
PENDAHULUAN

A.LATAR BELAKANG
Generasi muda merupakan kader-kader pemimpin masa depan bangsa. Dalam rangka menyiapkan generasi muda menjadi pemimpin maka diperlukan pembinaan yang memadahi, terarah dan berkesinambungan. Pembinaan dapat dilakukan melalu berbagai lembaga / organisasi diantaranya PMI lewat PMR
Palang Merah Remaja (PMR) adalah wadah pembinaan (kegiatan) generasi muda PMI yang amat potensial untuk dididik, dibina dan selanjutnya diarahkan sebagai calon relawan masa depan pengemban misi PMI. dalam melaksanakan tugas-tugas kepalangmerahan yang bertujuan meringankan penderitaan sesama manusia apapun sebabnya, dengan tidak membedakan golongan, bangsa, warna kulit, jenis kelamin, bahasa, agama atau kepercayaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa.

B.TUJUAN UMUM
Menumbuhkembangkan karakter kepalangmerahan dan peran anggota PMR melalui penerapan Tri Bhakti PMR, pendidik sebaya dan pendekatan keterampilan hidup

C.TUJUAN KHUSUS
1.Mengevaluasi proses pembinaan PMR, terutama dalam hal pelatihan, pelaksanaan Tri Bakti PMR, dan pengembangan kapasitas.
2.Berjumpa untuk saling berbagi dan meningkatkan PKS (Pengetahuan, Ketrampilan dan Sikap) yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
3.Menyiapkan kader-kader pemimpin masa depan yang bertaqwa kepada Tuhan YME.
4.Menyamakan persepsi antara pelatih PMI, pembina PMR dan anggota PMR dalam pembinaan PMR dengan pendekatan keterampilan hidup.

D.SASARAN:
1.Anggota PMR Mula, Madya, Wira
2.Pembina PMR dan
3.Pelatih PMI

E.TEMPAT DAN PELAKSANAAN :
1. TEMPAT
Tempat pelaksanaan JUMBARA Cabang 2009 di Bumi Perkemahan Wanawisata Linggo Asri Kec. Kajen Kabupaten Pekalongan.

2. PELAKSANAAN
Hari : Kamis – Minggu
Tanggal : 17 - 20 Desember 2009


BAB II
PERAN DAN FUNGSI SUMBER DAYA MANUSIA

A.KEPANITIAAN
Terdiri dari Penasehat, Panitia Pengarah (PMI Cabang), dan Panitia Pelaksana



B.EVALUATOR
Terdiri dari PMI Daerah, PMI Cabang dan Tenaga Ahli. Bertugas mengevaluasi proses setiap kegiatan, serta keterlibatan Sekolah dan peserta Jumbara dalam mengikuti kegiatan.

C.FASILITATOR
Terdiri dari PMI Daerah, PMI Cabang dan Tenaga Ahli.
Bertugas memandu klarifikasi materi kegiatan, sosialisasi informasi terbaru, dan memfasilitasi perubahan PKS (Pengetahuan dan Ketrampilan Sikap) peserta Jumbara.

BAB III
KONTINGEN

A.PESERTA JUMBARA
1.Peserta Jumbara PMR :
a.Mula (berusia 10 – 12 tahun atau SD sederajat)
b.Madya (berusia 12 – 15 tahun atau SLTP sederajat)
c.Wira (berusia 15 – 17 tahun atau SMU sederajat)
2.Pembina Pendamping

B.KOMPOSISI KONTINGEN RINCIAN
MULA 10 orang ( 5 pa + 5 pi )
MADYA 10 orang pa / pi
WIRA 10 orang pa / pi
PEMBINA PENDAMPING 2 orang

1.Tiap Sekolah / Ranting mengirimkan 1 Kontingen,
2.Dalam 1 Kontingen PMR Mula, Madya, dan Wira masing-masing didampingi oleh Pembina Pendamping
3.Dalam 1 kontingen terdiri dari regu. Tiap regu beranggotakan 10 orang untuk PMR
4.Komposisi peserta putra dan putri tiap regu ditentukan masing-masing kontingen, tiap-tiap jenis kegiatan mengutamakan peran yang seimbang antara laki-laki dan perempuan sesuai bakat dan minat

C.KELENGKAPAN ADMINISTRASI PESERTA
Ketentuan bagi Peserta,
1.Terdaftar dan aktif di PMR di sekolah
2.Membawa surat tugas dari Sekolah
3.Membawa photo hitam putih ukuran 3 x 4 cm sebanyak 1 lembar
4.Membawa Surat Keterangan Sehat dari dokter
5.Mematuhi tata tertib selama berlangsungnya kegiatan.

D.PERALATAN
1.Membawa peralatan berkemah dan perlengkapan / peralatan peragaan tiap kegiatan.
2.Membawa seragam Lapangan dan olah raga.
3.Membawa perlengkapan untuk pameran mini dan pentas seni.
4.Membawa perlengkapan pribadi. ( termasuk obat-obatan pribadi ).

E.PEMBIAYAAN
1.Biaya yang timbul ditanggung oleh kontingen


BAB IV
PROSES JUMBARA

A.PRA JUMBARA

1.Pendaftaran
Pendaftaran peserta Jumbara PMR dibagi 2 (dua) tahap:
a.Pendaftaran Tahap I: Paling lambat 14 November 2009. Di Markas PMI Cabang Kabupaten Pekalongan, dengan menyerahkan daftar peserta Jumbara.
b.Pendaftaran tahap II: Dilakukan di Markas PMI paling lambat tanggal 7 Desember 2009. Pimpinan Kontingen mengurus seluruh persyaratan administrasi peserta, ditempat pendaftaran ulang peserta.
c.Pendaftaran mulai Pukul : 08.00 – 12.00 WIB
d.Telepon Markas PMI Cabang Kab.Pekalongan : (0285) 381 740 Jl.Bahurekso No.45 Kebonagung Kajen – Pekalongan 51161
e.Bapak Kartimin : 08157659848

B.KEGIATAN JUMBARA PMR
1.Upacara Pembukaan
2.Pelaksanaan kegiatan
a.Jumbara dilaksanakan sesuai alur, yang diuraikan menjadi kegiatan-kegiatan.
b.Metode yang diterapkan beragam, a.l.: diskusi, tanya jawab, simulasi, bermain peran, presentasi, eksebisi kunjungan ke lapangan.
c.Kontingen akan dikelompokkan menjadi kecamatan, kelurahan, RW, dan RT, maka kegiatan pendukung ditiap tingkatan tersebut juga diikuti oleh seluruh peserta
d.Bhakti Masyarakat.
3.Upacara penutupan

C.PASCA JUMBARA
1.Mengevaluasi hasil pelaksanaan Jumbara terhadap pembinaan dan pengembangan PMR
2.Menerapkan PKS dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam proses pembinaan dan pengembangan PMR
3.Mensosialisasikan hasil Jumbara kepada Pembina PMR, Pelatih PMI, anggota PMR
4.Mengembangkan hasil Jumbara agar berdampak positif dan berjangka panjang terhadap pembinaan dan pengembangan PMR


BAB V
KEGIATAN

A.TAHAPAN PENENTUAN JENIS KEGIATAN
1.Meninjau kembali makna Jumbara, yaitu:
a.jumpa : peserta berjumpa untuk saling berbagi pengetahuan, ketrampilan, sikap, dan pengalaman, serta menjalin persahabatan
b.bakti : peserta meningkatkan dan menerapkan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap
c.gembira : Kegiatan dilakanakan dalam suasana riang, gembira
2.Menentukan jenis kegiatan, tujuan, proses, dan sasaran sesuai alur, kemudian dikelompokkan sesuai makna Jumbara dan Temu Karya





B. JENIS KEGIATAN JUMBARA PMR TINGKAT Kab. Pekalongan TAHUN 2009, SESUAI ALUR
REVIEW, EVALUASI EDUKASI, SOSIALISASI, PERSAMAAN PERSEPSI PENERAPAN REKREASI
1. Travelling kepalangmerahan
2. Remaja sehat
3. Paduan Suara
5. Game kepalang merahan
1. Lokakarya Pembinaan PMR
2. Ngobrol bareng PMR
3. Ayo Siaga Bencana
4. Kepemimpinan / Out Bound 1. Bakti masyarakat
2. Nambah sohib
3. Jurnalis
4. Kreasi Sovenir 1. Olah raga
2. Kontingen favorit
3. Pentas seni

C. JENIS KEGIATAN JUMBARA PMR, SESUAI MAKNA JUMBARA PMR
JUMPA BAKTI GEMBIRA KONTINGEN
A. Mula
1. Game kePMIan


B. Madya
1. Jurnalistik
2. Ngobrol bareng PMR
3. Anjang sana
4. Life skill station (kreasi Sovenir)



C. Wira
1. Jurnalistik
2. Ngobrol bareng PMR
3. Anjang sana
4. Life skill station (kreasi Sovenir)

A. Mula



B. Madya
1. Remaja sehat
2. Paduan suara
3. Bakti masyarakat
4. Siaga Bencana
5. Traveling Kepalangmerahan
6. Pentas seni


C. Wira
1. Remaja sehat
2. Paduan Suara
3. Bakti masyarakat
4. Siaga Bencana
5. Traveling Kepalang merahan
6. Pentas seni A. Mula



B. Madya
1. Kepemimpinan/ out bound
2. Olahraga Persahabatan





C. Wira
1. Kepemimpinan/ out bound
2. Olahraga persahabatan




1. Kontingen Favorit
2. Siaga Bencana
3. Traveling Kepalang merahan
4. Paduan Suara
5. Pentas Seni

D. PETUNJUK KEGIATAN JUMBARA

1. JUMPA DAN BERTEMU
a. Jurnalistik
1) Tujuan
a) Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan anggota PMR dalam jurnalistik, mengemas berita dan publikasi, untuk dikembangkan diwilayahnya masing-masing.
b) Meningkatkan peran PMR dalam sosialisasi kepalangmerahan
2) Peserta
Setiap kontingen mengirimkan 1 orang untuk belajar tentang jurnalistik.
3) Proses Pelaksanaan
a) Peserta mencari berita kegiatan dalam hari tersebut dapat disertai dengan gambar pendukung.
b) Salah satu hasil dari liputan hari tersebut serahkan pada panitia pada sore hari.
c) Setiap kontingen membuat satu berita dikumpulkan setiap sore hari.
b. Lokakarya Pembinaan PMR
1) Tujuan
a) Evaluasi pembinaan dan pengembangan PMR yang telah dilaksanakan.
b) Menyamakan pemahaman dalam perencanaan pembinaan dan pengembangan PMR.
c) Meningkatkan kerja sama antara pembina dengan PMI Cabang dalam pembinaan dan pengembangan PMR
2) Peserta
Setiap kontingen mengirimkan 1 orang, pembina pendamping

c. Kontingen Favorit
1) Tujuan
Salah satu sarana mengevaluasi antar kontingen dengan pendekatan hubungan persahabatan dan keramahtamahan.
2) Peserta
Seluruh Kontingen peserta Jumbara
3) Proses pelaksanaan
a) Setiap hari pelaksanaan Jumbara akan disediakan formulir penilaian Kontingen Favorit
b) Setiap Kontingen wajib mengisi formulir penilaian Kontingen Favorit dan memberikan penilaian mengenai Kontingen mana yang paling cocok menjadi Kontingen Favorit pada hari tersebut.
c) Kontingen yang memilih tidak boleh memilih kontingennya sendiri untuk dinominasi sebagai kontingen favorit.
d) Penilaian Kontingen Favorit berdasarkan a.l. keramahan, kerja sama, saling menghargai

d. Ngobrol Bareng PMR
1) Tujuan
a) Meningkatnya pengetahuan dan pemahaman anggota PMR terhadap pengembangan kegiatan PMR
b) Adanya kegiatan Tri Bakti PMR dari dan untuk anggota PMR
2) Peserta
Setiap kontingen mengirimkan 2 orang anggota PMR putra/putri Wira/ madya
3) Proses pelaksanaan
a).Tiap peserta akan berbagi pengalaman tentang kegiatan PMR yang telah dilaksanakan diwilayah masing-masing, manfaat, hambatan
b).Setelah diskusi kelompok, dilanjutkan dengan diskusi pleno untuk mengambil kesepakatan bersama yang akan menjadi acuan kegiatan PMR kedepan

2. BAKTI DAN KARYA
a. KEPEMIMPINAN/ Out Bound
1) Tujuan
a) Mengembangkan jiwa kepemimpinan dalam pembinaan dan pengembangan kapasitas PMR
b) Meningkatkan kerja sama dan komunikasi dalam pembinaan dan pengembangan PMR
c) Meningkatkan kreativitas dalam pembinaan dan pengembangan PMR
2) Peserta
Setiap kontingen mengirimkan 2 orang perwakilan yang masing-masing terdiri atas 1 anggota pa / pi madya, wira.
3) Proses pelaksanaan
a) Metode penyampaian materi adalah aktif partisipatif
b) Kegiatan berlangsung diluar ruangan
c) Teknis kegiatan akan dibahas saat temu teknis


b. Game Kepalangmerahan
1) Tujuan
a) Meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan
b) Meningkatkan kreatifitas
2) peserta
Setiap Kontingen mengirimkan 5 anggota PMR Mula
3) Materi
- Kepalangmerahan
- Pertolongan Pertama
- Perawatan keluarga
- Pengetahuan umum
4) Proses
- Sebelum melaksanakan game, peserta mengerjakan soal TTS
- Sesuai nomor undi melaksanakan game
- Setiap anak mencocokan jawaban dengan melaui rintangan
- Penilaian berdasarkana jawaban yang benar

c. Bakti Masyarakat
1) Tujuan
a) Sebagai salah satu media untuk menerapkan Tri Bakti PMR dan Peran Relawan dalam pelayanan kepalangmerahan
b) Meningkatkan kualitas sosialisasi antara peserta Jumbara dengan masyarakat sekitar
c) Meningkatkan pengetahuan masyarakat khususnya para pelajar dilokasi Jumbara, tentang kepalangmerahan dan ke-PMI-an
2) Peserta
Tiap kontingen mengirimkan 2 orang PMR, Madya, Wira,
Proses pelaksanaan
a) Lokasi akan ditentukan oleh panitia (2 – 3 lokasi)
b) Setiap lokasi terdiri dari ±10 kontingen
c) Setiap kontingen wajib membawa paket : Alat kebersihan
d) Pada setiap lokasi, peserta dibagi 3 kelompok

d. Siaga Bencana
1) Tujuan
a) Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dibidang kesiapsiagaan bencana
b) Mensosialisasikan pendekatan ketrampilan hidup dibidang kesiapsiagaan bencana
2) Peserta
Setiap kontingen mengirimkan 1 orang peserta Madya, dan Wira), serta 1 orang pembina pendamping
3). Proses pelaksanaan
- Kegiatan ini akan dipandu oleh fasilitator
- Sesi 1 Fasilitator mensosialisasikan pendekatan ketrampilan hidup untuk materi kesiapsiagaan bencana, kepada pembina pendamping
- Sesi 2 Fasilitator memberikan materi kesiapsiagaan dengan pendekatan ketrampilan hidup kepada anggota PMR

e. Traveling Kepalangmerahan
1) Tujuan
Meningkatkan pemahaman dan penerapan kepalangmerahan dibidang Palang Merah Internasional, PMI, HPI, 7 Prinsip PM/BSM, Kepemimpinan, Pertolongan Pertama, Perawatan Keluarga, Kesiapsiagaan Bencana, Kesehatan Remaja, dan Donor Darah Siswa (Doras)

2) Peserta
Tiap kontingen mengirimkan tim PMR Madya, dan Wira. Tiap tim masing-masing 6 orang.
3) Proses pelaksanaan:
a) Peserta berkumpul ditempat lokasi yang telah ditentukan
b) Sesuai dengan nomor timnya bergerak menuju pos-pos yang mencakup bidang Palang Merah Internasional, PMI, HPI, 7 Prinsip PM/BSM, Kepemimpinan, Pertolongan Pertama, Perawatan Keluarga, Kesiapsiagaan Bencana, Kesehatan Remaja, dan Donor Darah Siswa (Doras)
c) Batas waktu mengerjakan tugas tiap pos adalah 10 menit
d) Pengetahuan yang harus dimiliki peserta sesuai Kurikulum Materi Pelatihan PMR Madya, dan Wira
e) Pos-pos tersebut terdiri dari pos evaluasi dan pembelajaran dengan metode partisipatif, sehingga tiap pos dipandu oleh fasilitator dan evaluator

f. Remaja Sehat
1) Tujuan
a) Meningkatkan pemahaman anggota PMR dan remaja terhadap permasalahan kesehatan reproduksi dan HIV/AIDS
b) Menyamakan persepsi PRS Kesja, antara PMI Pusat, PMI Daerah dan PMI Cabang
2) Peserta
Setiap peserta mengirimkan perwakilan yang terdiri dari 2 orang PMR Madya dan 2 orang PMR Wira.
3) Proses pelaksanaan
a) Menentukan salah satu topic mater dalam biku pedoman kesehatan dan kesejahteraan remaja, atau ketrampilan hidup.
b) . Peserta membuat rencana pengajaran (RP) topik yang akan disajikan,
c). Peserta, yang berfungsi sebagai Pendidik Sebaya menyajikan topik dalam bentuk pelatihan model maksimal 30 menit, dengan kelompok sasaran remaja sejumlah 10 – 20 orang. Kelompok sasaran adalah peserta jumbara
d.) Peserta bebas melakukan improvisasi metodologi
e.) Media dan sarana penunjang disediakan sendiri oleh peserta

3. GEMBIRA
a. KREASI SOUVENIR
1) Tujuan
a) Mengembangkan daya kreatifitas
b) Membekali anggota PMR ketrampilan yang dapat dikembangkan didaerahnya masing-masing
c) Meningkatkan pemahaman dan penerapan Tri Bakti PMR terutama bidang persahabatan nasional dan internasional
2) Peserta
Setiap tim mengirimkan 3 orang yang terdiri dari PMR Madya dan Wira
3) Proses Pelaksanan
a) Setiap peserta akan belajari membuat berbagai souvenir dari bahan daur ulang
b) Proses pembuatan sovenir sesuai kreasi peserta
c) Alat dan bahan disediakan oleh peserta
d) Peserta membawa alat gambar dan alat pendukung lainnya, misal: gunting, lem, kertas hias
e) Souvenir yang dihasilkan menjadi hak milik panitia (akan disumbangkan, atau untuk publikasi)


b. PENTAS SENI
1) Tujuan
1). Mengembangkan ketrampilan kesenian
2). Meningkatkan kecintaan terhadap budaya Indonesia
3). Meningkatkan pemahaman dan penerapan Tri Bakti PMR terutama bidang persahabatan
2) Peserta
Seluruh kontingen peserta Jumbara Cabang 2009
3) Proses pelaksanaan
a) Tiap Kontingen diwajibkan menampilkan atraksi kesenian dipanggung terbuka Jumbara PMR.
b) Acara Pentas Seni dilaksanakan tiap malam selama Jumbara PMR berlangsung dari pukul 19.00 – 22.00 WIB.
c) Tiap malam ditampilkan maksimal 15 utusan kontingen.
d) Urutan pentas seni diatur dan ditentukan oleh panitia.
e) Kesenian yang dipentaskan adalah kesenian daerah masing-masing.
f) Setiap kontingen mendapat kesempatan waktu pentas maksimal selama 15 menit.
g) Tempat : panggung seni.
h) Peserta penggembira dapat terlibat aktif dalam kegiatan ini

c. PADUAN SUARA
1) Tujuan
a) Mengembangkan kreatifitas anggota PMR dan KSR dalam bidang seni suara
b) Meningkatkan penghayatan terhadap tugas-tugas kepalangmerahan
c) Menumbuhkan rasa cinta terhadap lagu daerah
d) Membekali anggot PMR/KSR ketrampilan yang bisa dikembangkan didaerah masing-masing
2) Peserta
Tiap kontingen mengirimkan PMR Madya, dan Wira yang terdiri dari 10– 12 orang
3) Proses pelaksanaan
a) Tiap kontingen menyanyikan 1 lagu Mars PMI, 1 Lagu Hymne PMI dan 1 Lagu daerah
b) Pakaian bebas, tapi harus mengenakan atribut PMR
c) Paduan suara tanpa diiringi alat musik
4) Aspek yang dinilai
a) Ketepatan nada
b) Kreatifitas aransemen
c) Penghayatan dan penampilan

d. OLAH RAGA PERSAHABATAN
1) Tujuan
a) Mengembangkan kreatifitas anggota PMR dalam bidang olah raga
b) Mempererat persahabatan nasional
c) Mengembangkan nilai kerja sama
2) Peserta
Seluruh kontingen peserta JumCab 2009
3) Proses pelaksanaan
a) Setiap kontingen diwajibkan mengirim wakilnya dan mengikuti semua jenis pertandingan persahabatan.
b) Kegiatan olah raga bersifat persahabatan
c) Peralatan olah raga disediakan oleh panitia.
d) Wasit pertandingan persahabatan dari panitia pelaksana dibantu pembina pendamping atau anggota PMR
e) Peserta penggembira dapat terlibat aktif dalam kegiatan ini


BAB VI
KEJUARAAN
A. Juara Tergiat
1. Juara tergiat diambil berdasarkan perolehan nilai tertinggi dari semua kegiatan yang diikuti
2. Semua hasil penialian kontingen akan dikelompokan dalam 3 kategori A, B dan C
3. Sistem penilaian lomba disesuaikan dengan bobot masing - masing lomba.
4. Untuk nilai tertinggi berhak mendapatkan piala bergilir dari PMI cabang Kabupaten Pekalongan

B. Juara Faforit
Juara faforit akan dipilih berdasarkan polling peserta


BAB VI
ATRIBUT

A. SERAGAM
Terdiri dari 2 macam seragam:
1. Seragam Upacara
a. Pakaian seragam kontingen (dapat berupa seragam sekolah atau PMI, PMR, KSR), yang diberi kelengkapan atribut
b. Digunakan oleh peserta, peninjau, dan penggembira pada saat upacara
2. Seragam Lapangan
a. Pakaian seragam lapangan kontingen, dapat digunakan oleh peserta, peninjau, dan penggembira pada saat mengikuti kegiatan yang bersifat sosialisasi pengetahuan dan pemahaman

BAB VII
PERKEMAHAN JUMBARA

A. ADMINISTRASI PERKEMAHAN
1. Sebagai akomodasi, setiap kontingen mendirikan tenda sesuai dengan kavling yang telah ditentukan Panitia.
2. Untuk menempati kaveling, setiap kontingen mendaftarkan diri dilokasi Perkemahan dan mendapat bukti Surat Penempatan Kaveling (SPK) yang dikeluarkan oleh Panitia Perkemahan.
3. bertanggungjawab atas kebersihan kavling yang ditempatinya dengan bukti surat rekomendasi untuk meninggalkan perkemahan

B. PENGATURAN PERKEMAHAN
1. Struktur Perkemahan
Semua Peserta JumCab akan dipimpin dalam satu kesatuan struktur perkemahan tertinggi, yaitu Kelurahan. Warga Kelurahan akan diatur sesuai dengan jenjang pemerintahan dengan tidak meninggalkan tata tertib kehidupan 7 (tujuh) Prinsip Palang Merah, yaitu sbb :
a. Perkemahan Jumbara dan Temu Karya merupakan satu Kelurrahan yaitu Kelurahan ”Madya”


b. Kecamatan dibagi dengan 2 (dua) Dusun
1) Dusun Pertama dengan Nama Dusun siaga
2) Dusun Kedua dengan Nama Dusun Waspada
c. Tiap Dusun memiliki 2 (dua) RT:
2. Aparat Perkemahan
a. Kelurahan dipimpin oleh Lurah
b. Dusun dipimpin seorang Kepala Dusun
c. Rukun Tetangga (RT) dipimpin seorang Ketua RT
Aparat perkemahan, sesuai jenjangnya bertangung jawab kepada Seksi Kegiatan, Manajemen Perkemahan, Air, Sanitasi, dan Listrik
3. Kehidupan sehari-hari
a. Kegiatan
1) Kegiatan Perkemahan/Penataan kemah dapat dimulai 1 - 2 hari sebelum upacara pembukaan dimulai
2) Sebelum pk. 08.00 dan pk. 17.00 wib setiap warga perkemahan wajib melaksanakan kegiatan rutin dengan jadwal sbb :
a) 05.00 - 05.30 Olah raga /Senam pagi
b) 05.30 - 07.30 Keperluan Pribadi
c) 07.30 - 08.00 Apel Pagi
d) 17.00 - 17.30 Apel Sore
Kegiatan tersebut dilaksanakan ditingkat RT dan kegiatan selanjutnya dilaksanakan sesuai jadwal.
3) Untuk mengikuti kegiatan, peserta wajib menyerahkan kartu kegiatan kepada petugas yang bersangkutan.
b. Pelaksanaan dan Tanda Pengenal
1) Selama kegiatan berlangsung peserta memakai pakaian seragam sesuai ketentuan yang berlaku di JumCab
2) Warga perkemahan yang keluar dari arena harus mengenakan pakaian rapi dan sopan dengan tanda pengenal yang diberikan oleh Panitia.

C. FASILITAS DAN ARENA JUMBARA
1. Keamanan
a. Keamanan dalam perkemahan menjadi tanggung jawab warga perkemahan dan dibawah pimpinan aparat perkemahan.
b. Semua peserta wajib menjaga keamanan dan ketertiban di seluruh arena perkemahan.
c. Peserta dilarang membuat kekacauan dan kegaduhan dalam semua acara kegiatan selama jumbara dan Temu Karya berlangsung.
d. Jam malam berlaku mulai 23.00-05.00 wib. Diharapkan peserta menjaga keamanan dan ketenangan.
2. Kebersihan
a. Kebersihan dalam perkemahan, MCK, maupun area JumTek menjadi tanggung jawab setiap peserta secara keseluruhan, dan akan masuk dalam kriteria penilaian kontingen favorit.
b. Air dan MCK telah tersedia di area perkemahan
c. Panitia akan melakukan penilaian terhadap kebersihan area perkemahan (lokasi kavling, MCK, dan lokasi perkemahan)
3. Sumber Penerangan
Lampu penerangan diperoleh dari lampu petromaks, genset, atau instalasi listrik yang dialirkan ke semua sektor penting
4. Kesehatan
a. Setiap regu peserta wajib memiliki obat-obatan untuk Pertolongan Pertama dan obat-obatan khusus bagi anggotannya.
b. Peserta yang menderita sakit dan tidak dapat ditangani oleh regu, wajib melapor ke Poliklinik Jumbara dengan sepengetahuan Kepala Dusun/Ketua RT.

5. Konsumsi
a. Pelayanan kosumsi peserta (termasuk penggembira dan peninjau) dikelola oleh kontingen masing-masing termasuk biaya dan peralatan
b. Panitia menyediakan Dapur Umum di arena perkemahan bagi panitia, evaluator, dan fasilitator
6. Tempat Ibadah
a. Untuk beribadah, peserta dapat melakukanya ditempat yang telah tersedia atau tenda masing-masing.
b. Peserta wajib menjaga dan memelihara kebersihan dan ketertiban ditempat ibadah dan sekitarnya.
c. Peserta wajib menghormati peserta lain yang sedang melakukan ibadah



BAB VIII
PENUTUP

Demikian Pedoman Jumbara PMR ini disusun sebagai acuan Sekolah / pangkalan dalam persiapan dan pelaksanaan Jumbara PMR tingkat Kabupaten Pekalongan Tahun 2009

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar